Akankah Valentino Rossi "Dejavu" di Lemans?

Posted at  05.52  |  in  Valentino Rossi

Performa Valentino Rossi yang masih belum mencapai target optimal mungkin akan berubah pada seri kejuaraan di minggu ini. Vale dan Ducati kini tengah bersiap-siap untuk memasuki seri keempat MotoGP 2012 yang sedianya akan diselenggarakan di Sirkuit Le Mans, Prancis.

Sirkuit Le Mans meyimpan kenangan manis bagi The Doctor setelah dirinya mampu meraih hasil terbaiknya musim lalu ketika membalap bersama Tim Ducati. Musim lalu, Valentino Rossi dapat mengamankan podium ketiga setelah memulai 28 lap balapan GP Prancis dari grid ke-9. Saat berlaga di kelas premier, Rossi sudah mampu meraih trofi juara pertama balapan di Le Mans sebanyak tiga kali.

Saat ini Rossi berjuang untuk mengulangi prestasi terbaiknya tersebut dan berkeinginan untuk meningkatkan performa motor GP12 pada trek sepanjang 4.185 meter tersebut. Tujuan utamanya kali ini adalah untuk meraih posisi finish lebih baik dari posisi tujuh yang ia dapatkan sewaktu melakoni race di Estoril lalu.

Sejauh ini Rossi telah mengoleksi 22 poin yang menempatkannya di peringkat ke-9 dalam klasemen sementara. Perolehan poin pembalap kelahiran Italia tersebut hanya terpaut satu poin dari team-matenya Nicky Hayden.

Ducati berharap cuaca di Le Mans akan stabil sejak sesi latihan bebas hingga saat balapan berlangsung demi menunjang pekerjaan yang telah mereka rencanakan. Valentino Rossi bakal memulai sesi latihan Hari Jumat dengan memakai settingan yang ia pakai saat membalap di seri Estoril, Portugal lalu.

Sayangnya, tes pengembangan motor 1000cc yang telah dijadwalkan di Estoril dua pekan lalu dibatalkan akibat hujan. Pembatalan tes membuat Rossi gagal untuk menjajal mesin baru dan baru dapat mencobanya pada tes privat di Mugello mulai Selasa pekan depan.

Velantino Rossi yang telah sukses meraih gelar juara dunia sebanyak sembilan kali sepanjang karirnya mengatakan: “Sayang sekali kami tidak bisa melakukan tes di Portugal karena kami berencana untuk melanjutkan pengembangan dan karena kami sudah memiliki data terbaru dari balapan, maka kami sebenarnya bisa melakukan sejumlah perbandingan yang menarik.

“Tetapi secara teknis hal tersebut tidak akan banyak mempengaruhi kami di Le Mans karena update belum akan kami dapatkan hingga kesempatan yang lainnya. Di Prancis, kami akan mempersiapkan motor untuk balapan dengan bekerja seperti halnya saat di Estoril, mulai set up dasar yang sudah agak lebih familiar bagi kami dan mencoba untuk melanjutkan settingan secara bertahap, hingga pada Hari Minggu, kami bisa mencapai potensi maksimal.

“Le Mans merupakan tempat dimana cuacanya akan menjadi tantangan, khusunya pada tahun ini. Tetapi, ini juga merupakan trek dimana saya meraih hasil terbaik saya bersama Ducati tahun lalu. Kita akan lihat bagaimana akhir pekan ini berjalan, namun kami ingin melakukan pekerjaan dengan sedikit lebih baik dari yang kami telah kerjakan di Portugal.”

Bos tim Ducati, Vittoriano Guareschi menambahkan: ”Le Mans merupakan trek yang agak aneh, ini merupakan trek yang stop-and-go dan sangat berbeda dengan Estoril. Ini akan memberi kami kesempatan untuk memeriksa set up pada GP12. Valentino memakai settingan ini sepanjang akhir pekan di seri sebelumnya. Jadi kami akan melanjutkan pemakaian set up tersebut untuk membuat kemajuan di Le Mans, tempat dimana kami menjalani balapan yang menyenangkan pada tahun lalu.”

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Lintas MotoGP. Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top